10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan - Sumedang

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun, tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang lezat serta susu yang dihasilkannya, susu dari hewan mamalia ini juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya masalah rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi atau susu nabati lainnya.

 

Susu kambing memiliki kadar kalsium, protein dan zat penting lainnya yang lebih tinggi untuk tubuh Anda dibandingkan susu sapi yang biasa dikonsumsi. Mengacu pada laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) di bawah ini adalah nilai gizi dari 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing dan sapi.

 

Berdasarkan penelitian, analisis susu kambing dan sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium susu kambing melebihi susu sapi. Selain itu, manfaat susu kambing adalah pilihan yang baik untuk pencernaan manusia, mudah dicerna dan juga mengandung prebiotik yang lebih tinggi sebagai sumber makanan bagi bakteri menguntungkan yang berada di sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni atau turunannya sulit ditemui untuk dijual. Hal ini disebabkan produksi susu kambing perah lebih sedikit dibandingkan sapi perah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika susu kambing memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

 

Bagi Anda yang ingin mengganti konsumsi susu harian dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing murni dan olahan yang harus diketahui:

 

1. Sumber protein tinggi

Protein adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan berfungsi sebagai sumber energi penting bersama dengan lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi daripada susu sapi atau susu nabati. Jumlah protein yang terkandung dalam susu kambing sekitar 9 gram, sedangkan pada susu sapi adalah 8 gram. Jika susu nabati seperti susu kedelai, mengandung 6-7 gram protein dan susu almond mengandung 0-1 gram protein.

 

Dengan manfaat tersebut susu kambing merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi asupan protein harian Anda dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Tapi, yang jelas masih sarat dengan sumber protein lain seperti telur, daging bahkan kacang-kacangan.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh? Ya, mineral selenium yang terdapat pada susu kambing memang terkenal cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium di dalam tubuh bekerja sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi peradangan. Dengan demikian, pentingnya selenium untuk kesehatan Anda tidak boleh diremehkan.

 

Karena kandungan selenium dalam susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan segala kondisi lingkungan dan tingkat olahraga, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Menambahkan segelas susu kambing ke dalam menu dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang setelah minum susu mengalami gangguan lambung, mulas dan diare. Meski sehat, tubuh bisa lemas setelah mengonsumsi susu. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mencerna dengan baik kandungan susu yang mengandung laktosa. Bisa juga disebabkan oleh alergi terhadap susu tertentu.

 

Susu kambing yang mengandung laktosa dan juga tinggi protein diyakini jauh lebih mudah dicerna oleh pencernaan dibandingkan susu dari sapi. Selain itu, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing memiliki reaksi alergi yang lebih rendah dibandingkan susu dari sapi. Namun, alangkah baiknya bagi Anda yang memiliki riwayat alergi untuk terlebih dahulu berobat ke tenaga medis profesional untuk keamanannya.

 

Prebiotik yang ada dalam susu kambing juga dapat memberikan asupan bagi bakteri baik dalam sistem pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau bahkan meningkat sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Meskipun bukan hanya sumber protein, alasan utama orang minum susu adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda. Hal ini disebabkan peran vital kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Berdasarkan tabel perbandingan gizi di atas, 1 cangkir (237 ml) ambing kambing mengandung setara dengan 327 mg kalsium. Jumlahnya bisa mencapai 51 mg lebih banyak dari kalsium pada susu sapi. Dengan menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi asupan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari. Sebuah studi dari tahun 2014 di Rusia menemukan bahwa pemberian 400 ml susu kambing per

setiap hari kepada 42 orang lansia dipercaya memiliki efek positif pada metabolisme tulang dan membantu menghentikan osteoporosis dengan menggabungkan terapi.

 

5. Pengurangan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang paling umum. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, ada segudang hab yang baikYang bisa Anda lakukan, mulai dari berolahraga dan mengikuti pola makan sehat di antaranya adalah dengan menambahkan susu kambing ke dalam makanan Anda untuk memastikan Anda sehat.

 

Susu kambing adalah sumber yang kaya asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang membantu mencegah berbagai bentuk dan jenis penyakit jantung.

 

Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal serta mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga jantung Anda menjadi lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Agar hal ini terjadi, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium juga membantu perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari jumlah total kalsium yang diserap oleh jaringan tubuh, sekitar 99% disimpan di dalam gigi dan tulang. Kalsium ini digunakan untuk pembentukan jaringan gigi serta menjaga kesehatan gigi. Jika Anda tidak ingin gigi Anda mudah rusak dan patah sebaiknya perbanyak asupan minuman dan makanan yang kaya akan kandungan kalsium.

 

Susu Kambing adalah pilihan yang sangat baik sebagai sumber kalsium untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan kalsium pada susu kambing dapat memenuhi 33% dari kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan. Ini jauh lebih tinggi dari susu sapi yang hanya memiliki 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing mengandung linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat minum susu kambing untuk menurunkan kolesterol di kantong empedu dan di arteri.

 

Alhasil, para penderita kolesterol dan mereka yang memiliki kadar kolesterol yang terjaga dapat membuat pilihan produk susu yang lebih baik untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) atau stroke dan serangan jantung.

 

8. Menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan kulit yang terbuat dari susu kambing diantaranya sabun mandi dan lulur hingga lotion, dan masih banyak lagi. Susu kambing kaya akan asam amino, asam lemak serta vitamin A, diduga memberikan nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

 

Jika Anda mencari kulit yang mulus dan kulit mulus, produk yang terbuat dari susu kambing adalah pilihan yang ideal. Tingkat pH dalam susu kambing identik dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak membahayakan kulit dan aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu, asam laktat dalam susu kambing menawarkan pelembab maksimal pada kulit sehingga cocok untuk orang dengan kulit kering. Kandungan lain seperti Vitamin A dan asam lemak mengandung kemampuan untuk memperbaiki permukaan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

 

9. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih baik.

 

Hal ini tidak sebanding dengan susu sapi yang justru menjadi masalah pada kemampuan tubuh menyerap zat besi dan tembaga bila dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

 

Menurut penelitian, diet yang dilengkapi dengan susu kambing membantu tubuh menyerap semua nutrisi tanpa membuangnya.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda berjuang untuk tertidur? Minumlah segelas Susu kambing hangat sebelum memejamkan mata sebelum tidur.

 

Asam amino triptofan yang terdapat dalam susu kambing membantu produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga suasana hati tetap stabil serta untuk meningkatkan relaksasi dan membantu produksi hormon yang disebut melatonin. Ia juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

Oleh karena itu, meminum satu ons susu kambing sebelum tidur dapat membantu lebih cepat tertidur dan lebih mudah tertidur. Tidak diragukan lagi keunggulan dari susu kambing murni dan produk olahannya yang telah diolah karena kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Keunggulan susu kambing dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati telah dibuktikan secara klinis. Mulai dari kandungan sodium, protein, magnesium, kalsium, dan potasium, tidak ada yang bisa mengungguli susu kambing. Tidak ada alasan untuk ragu menggunakan susu kambing sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni akan membantu semua orang yang Anda sayangi untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tak hanya memperkuat daya tahan tubuh, tapi mampu membantu mengurangi risiko beberapa jenis penyakit mematikan, seperti kolesterol, serangan jantung, dan stroke.

 

Selain melindungi dari dalam, manfaat susu kambing yang murni juga terlihat dari luar, berkat gigi yang sehat, serta tampilan kulit yang sehat, lembap, dan lembut. Ini meningkatkan penampilan Anda dalam rutinitas Anda.

 

Meskipun menemukan ambing kambing murni bukanlah tugas yang mudah, adalah mungkin untuk menemukan peternakan yang dapat diandalkan yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, seukuran botol, bahkan bubuk dengan harga yang bervariasi.Harga susu kambing yang bisa didapatkan di pasaran sekitar Rp. 44.000-85.000 untuk 200 gram susu kambing murni bubuk. Rp. 6.600 hingga 10.000 per 200ml untuk susu kambing beku atau kemasan botol.

 

Jika membandingkan harga susu kambing dan susu sapi, harganya bisa dua kali lipat. Namun mengingat kandungan gizi susu kambing yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan susu nabati, maka biaya yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton dan Uditch dengan Desain yang Mudah Dipadukan dengan Lingkungan Sekitar dari PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah.

Pengalaman Nonton F1 di Singapura Seru Sekali

Sepuluh Langkah Sukses Maksimal Domba Dorper di Usia Dini - tipes ternak dorper